close
close

Kegunaan Penilaian Prestasi Kerja Karyawan


Kegunaan Penilaian Prestasi Kerja Karyawan. T. Hani Handoko (2000:135) mengatakan bahwa kegunaan-kegunaan penilaian prestasi kerja dapat dirinci sebagai berikut :

1. Perbaikan Prestasi Kerja
Umpan balik pelaksanaan kerja memungkinkan karyawan, manajer dan departemen personalia dapat membetulkan kegiatan-kegiatan mereka untuk memperbaiki prestasi.

2. Penyesuaian-penyesuaian Kompensasi
Evaluasi prestasi kerja membantu para pengambil keputusan dalam menentukan kenaikan upah, pemberian bonus dan bentuk kompensasi lainnya.

3. Keputusan Penempatan
Promosi, transfer dan demosi biasanya didasarkan pada prestasi kerja masa lalu atau antisipasinya. Promosi sering merupakan bentuk penghargaan terhadap prestasi kerja masa lalu.

4. Kebutuhan Latihan dan Pengembangan
Prestasi kerja yang jelek mungkin menunjukan kebutuhan latihan,demikian juga prestasi kerja yang baik mungkin mencerminkan potensi yang harus dikembangkan.
Kegunaan Penilaian Prestasi Kerja Karyawan
Kegunaan Penilaian Prestasi Kerja Karyawan

5. Perencanaan dan Pengembangan Karier
Umpan balik prestasi mengarahkan keputusan-keputusan karir,yaitu tentang jalur karir tertentu yang harus diteliti.

6. Penyimpangan proses staffing
Prestasi kerja yang baik mencerminkan kekuatan atau kelemahan prosedur staffing departemen personalia.

7. Ketidak Akuratan Informasi
Prestasi kerja yang jelek mungkin menunjukan kesalahan dalam informasi analisis jabatan, rencana sumber daya manusia, atau komponen lain system informasi manajemen personalia.

8. Kesalahan Desain Pekerjaan
Prestasi kerja yang jelek mungkin merupakan suatu tanda kesalahan dalam desain pekerjaan.penilaian prestasi kerja membantu diagnosa kesalahan tersebut.

9. Kesenpatan Kerja Yang Adil
Penilaian prestasi kerja secara akurat akan menjamin keputusan penempatan internal dengan dengan adil tanpa diskriminasi.

10. Tantangan Exsternal
Prestasi kerja juga tidak lepas dari pengaruh dari luar lingkungan kerja seperti keluarga, kesehatan kondisi financial atau masalah pribadi karyawan.
Share This Article
Komentar Anda