close
close

Penawaran


By Sugi Arto
----------------------------------
Sugi Arto Newsletter
----------------------------------
Dear Sobat yang pemberani....!!!

Penawaran - Di setiap transaksi perdagangan dalam ekonomi pasti terdapat suatu permintaan (demand), penawaran (supply), harga dan kuantitas akan suatu barang atau jasa yang saling mempengaruhi satu dengan yang lainnya. Permintaan dan penawaran akan saling bertemu dan akan membentuk satu titik pertemuan dalam satuan harga dan kuantitas (jumlah barang). Penawaran juga adalah sebagian ilmu tekhnik dalam Marketing. Sebab didalam marketinglah kita akan penerapkan suatu penawaran.

Teori penawaran dan permintaan (supply and demand) dalam ilmu ekonomi, adalah penggambarkan atas hubungan-hubungan di pasar, antara para calon pembeli dan penjual dari suatu barang. Model penawaran dan permintaan digunakan untuk menentukan harga dan kuantitas yang terjual di pasar. Model ini sangat penting untuk melakukan analisis ekonomi mikro terhadap perilaku serta interaksi para pembeli dan penjual.

Penawaran
Penawaran
Penawaran adalah banyaknya barang yang ditawarkan oleh penjual pada suatu pasar tertentu, pada periode tertentu, dan pada tingkat harga tertentu.

Berdasarkan jumlah barang yang ditawarkan, penawaran dapat dibagi menjadi 2, yaitu sebagai berikut:

  1. Penawaran Individu adalah jumlah barang yang akan dijual oleh seorang penjual.
  2. Penawaran Kolektif  disebut juga penawaran pasar. Penawaran kolektif adalah keseluruhan jumlah suatu barang yang ditawarkan oleh penjual di pasar. Penawaran ini merupakan penjumlahan dari keseluruhan penawaran perorangan.
Penawaran dan produksi mempunyai hubungan yang sangat erat. Hal-hal yang mendorong dan menghambat keinginan produksi berpengaruh terhadap jumlah penawaran. Berikut ini faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran.

a. Harga barang itu sendiri.

b. Harga barang pengganti.

c. Biaya produksi.

d. Kemajuan Teknologi.

e. Pajak.

f. Perkiraan harga masa depan.

Hukum penawaran menyatakan bahwa "Perubahan harga mempunyai pengaruh yang sejalan dengan perubahan penawaran". Artinya, pada waktu harga barang naik penawaran ikut naik, sedangkan pada waktu harga barang turun penawarannya ikut turun. Dalam hukum penawaran faktor harga dianggap sebagai variabel bebas, sedangkan faktor penawaran merupakan variabel terkait.

Hubungan Antara Harga Dengan Penawaran

Bila harga naik, sedangkan faktor lainnya tetap maka penawaran akan naik.

Bila harga turun, sedangakan faktor lainnya tetap maka penawaran akan turun.

Hukum penawaran menunjukkan keterkaintan antara jumlah barang yang ditawarkan dengan tingkat harga. Dengan demikian, bunyi hukum penawaran sebagai berikut: " Semakin tinggi harga, semakin banyak jumlah barang yang bersedia ditawarkan. Sebalinya, semakin rendah tingkat harga, semakin sedikit jumlah barang yang bersedia ditawarkan."Hukum penawaran akan berlaku apabila faktor-faktor lainnya yang memengaruhi penawaran tidak berubah (ceteris paribus).

Salam hangat dari sahabatmu,

~ Sugi Arto

/////////////////////////////////////////


Think & Sucsees!

----------------------------------

------Inspirasi Sukses-----------------
Share This Article
Komentar Anda