close
close

Tekhnik Strategi Pemasaran Bisnis Kecil


Tekhnik Strategi Pemasaran Bisnis Kecil - Marketing, mungkin ketika Anda membaca ataupun mendengar kata ini langsung terbayang dipikiran bahwa Marketing itu adalah salesman dan ,saleswoman, yang sering Anda lihat dimana pun yang menawarkan produk barang maupun pun jasa dari berbagai macam perusahaan. Marketing adalah ujung tombak yang menjadikan suatu perusahaan akan meraih kesuksesan atau kemunduran. Marketing mempunyai tugas utama, yaitu menjual produk atau jasa dari suatu perusahaan yang mempunyai target pasar sesuai dengan yang telah ditentukan oleh perusahaan tersebut.

Dengan menerapkan cara dan strategi pemasaran yang baik maka bisnis yang dijalankan bisa memperoleh pemasukan atau pendapatan sesuai dengan yang diinginkan tanpa terkecuali bisnis kecil. Ada banyak hal yang mendasari strategi pemasaran sehingga dapat dikatakan berhasil dan sukses, namun tujuan utama dari suatu pemasaran itu sendiri bukanlah keuntungan semata, akan tetapi juga menancapkan nama serta strategi pemasaran untuk jangka keuntungan yang lebih panjang.
----------------------------------
Sugi Arto Newsletter
----------------------------------
Berikut ini ada beberapa tips tekhnik strategi pemasaran untuk bisnis kecil yang dapat Anda lakukan untuk memasarkan produk Anda.

1. Riset pasar

Riset pasar dapat Anda lakukan melalui survey, wawancara, kuesioner dan lain sebagainya kemudian buatlah analisis pasar untuk bisnis kecil Anda. Dengan melakukan riset pasar, Anda akan bisa mengetahui berapa harga yang cocok dan layak untuk produk maupun jasa yang Anda tawarkan.

2. Tetapkan anggaran pemasaran

Alokasikan dana pemasaran Anda untuk membuat sebuah kemasan produk, promosi, iklan dan juga publisitas. Ingatlah bahwa bisnis kecil juga membutuhkan sebuah anggaran atau dana untuk mempromosikan produk, misalnya dengan membuat brosur dan promosi lainnya.

3. Pasarkan produk dari mulut ke mulut

Cara yang paling mudah dan cepat untuk mempromosikan suatu produk atau bisnis adalah dari mulut ke mulut. Beritahukan bisnis kecil yang Anda jalankan kepada semua keluarga, teman, tetangga dan masyarakat umum lainnya tentang bisnis Anda. Jika mereka puas dengan produk dan juga pelayanan Anda maka tidak menutup kemungkinan hal itu bisa mendorong mereka untuk memberitahukannya pada orang lain.

4. Membuat website untuk bisnis kecil Anda

Jika Anda tidak mampu atau tidak memiliki biaya untuk menyewa seorang desainer web, maka mintalah bantuan pada teman maupun keluarga untuk membantu Anda dalam membuat sebuah website toko online. Meskipun website yang Anda buat hanya untuk mempromosikan bisnis kecil Anda, namun pastikan bahwa dalam website tersebut bebas dari kesalahan ketik, link yang rusak atau hal apa saja yang akan membuat website Anda tidak tampak profesional. Gunakan pula hosting yang handal sehingga website Anda dapat dengan mudah dilihat.

4. Akrab dengan media

Temukan sebuah cara agar bisnis kecil Anda diwawancarai oleh sebuah surat kabar maupun lembaga penyiaran lokal. Buatlah diri Anda menjadi seseorang yang mudah diakses oleh mereka para awak media. Promosikan diri Anda sebagai seseorang yang ahli di bidang bisnis tersebut, dan Anda siap untuk diwawancara kapan pun juga.
Tekhnik Strategi Pemasaran Bisnis Kecil
Tekhnik Strategi Pemasaran Bisnis Kecil

Itulah beberapa tips sukses strategi pemasaran untuk bisnis kecil yang cocok sekali bagi Anda yang telah memulai bisnis. Dengan menerapkan beberapa strategi pemasaran di atas, kesabaran dan kemampuan Anda dalam melakukan kegiatan promosi maka lambat laun bisnis kecil yang Anda jalankan akan semakin maju. Maju terus UKM Indonesia. Salam sukses!

Salam hangat dari sahabatmu,

/////////////////////////////////////////
Think & Sucsees!
----------------------------------
 Tekhnik Strategi Pemasaran Bisnis Kecil
Share This Article
Komentar Anda