Manfaat Dan Khasiat Buah Mentimun (Cucumis sativus) Dapat Menyembuhkan Kanker


Manfaat Dan Khasiat Buah Mentimun Dapat Menyembuhkan Kanker ~ Mentimun, timun, atau ketimun (Cucumis sativus L.; suku labu-labuan atau Cucurbitaceae) merupakan tumbuhan yang menghasilkan buah yang dapat dimakan. Buahnya biasanya dipanen ketika belum masak benar untuk dijadikan sayuran atau penyegar, tergantung jenisnya.

Mentimun dapat ditemukan di berbagai hidangan dari seluruh dunia dan memiliki kandungan air yang cukup banyak di dalamnya sehingga berfungsi menyejukkan. Potongan buah mentimun juga digunakan untuk membantu melembabkan wajah serta banyak dipercaya dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Manfaat Dan Khasiat Buah Mentimun (Cucumis sativus) Dapat Menyembuhkan Kanker
Manfaat Dan Khasiat Buah Mentimun (Cucumis sativus) Dapat Menyembuhkan Kanker

Habitus mentimun berupa herba lemah melata atau setengah merambat dan merupakan tanaman semusim: setelah berbunga dan berbuah tanaman mati. Perbungaannya berumah satu (monoecious) dengan tipe bunga jantan dan bunga hermafrodit (banci).

Bunga pertama yang dihasilkan, biasanya pada usia 4-5 minggu, adalah bunga jantan. Bunga-bunga selanjutnya adalah bunga banci apabila pertumbuhannya baik. Satu tumbuhan dapat menghasilkan 20 buah, namun dalam budidaya biasanya jumlah buah dibatasi untuk menghasilkan ukuran buah yang baik.

Buah berwarna hijau ketika muda dengan larik-larik putih kekuningan. Semakin buah masak warna luar buah berubah menjadi hijau pucat sampai putih. Bentuk buah memanjang seperti torpedo. Daging buahnya perkembangan dari bagian mesokarp, berwarna kuning pucat sampai jingga terang. Buah dipanen ketika masih setengah masak dan biji belum masak fisiologi. Buah yang masak biasanya mengering dan biji dipanen, warnanya hitam.

Manfaat Mentimun Mentimun memiliki sifat diuretik, efek pendingin, dan pembersih yang bermanfaat bagi kulit. Kandungan air yang tinggi; vitamin A, B, dan C; serta mineral, seperti magnesium, kalium, mangan, dan silika; membuat mentimun menjadi bagian penting dalam perawatan kulit. Masker wajah yang mengandung sari mentimun digunakan untuk mengencangkan kulit. Asam askorbat dan asam caffeic yang hadir dalam mentimun dapat menurunkan tingkat retensi air, yang pada gilirannya mengurangi pembengkakan di sekitar mata.

Mentimun adalah type sayuran buah yang biasanya dikonsumsi untuk menyegarkan tubuh serta mendinginkan suhu tubuh ketika udara sedang panas. Kandungan air yang tinggi di dalamnya mampu menghidrasi tubuh dengan baik.

Selain faedah tersebut, baru-baru ini para peneliti menemukan bahwa makan mentimun ternyata berguna untuk mengobati kanker. Berikut adalah senyawa alami di dalam mentimun yang ampuh untuk sembuhkan kanker seperti dilansir dari boldsky.com serta merdeka.com

Manfaat Dan Khasiat Buah Mentimun (Cucumis sativus) Dapat Menyembuhkan Kanker
Manfaat Dan Khasiat Buah Mentimun (Cucumis sativus) Dapat Menyembuhkan Kanker

Rasa pahit

Munculnya sedikit rasa pahit di dalam mentimun dipengaruhi oleh 2 hal yg bersifat genetik yaitu Bi dan Bt. Ke dua bahan ini memiliki sifat obat di dalamnya.

Cucurbitacin

Cucurbitacin merupakan bahan alami di dalam mentimun yang efektif untuk mengobati kanker serta diabetes.

Lignan

Lignan merupakan salah satu zat alami di dalam mentimun. Salah satu type lignan yakni pinoresinol bermanfaat untuk menekan pertumbuhan sel-sel leukimia atau kanker darah.

Selain manfaat tersebut, ternyata makan mentimun juga menyimpan manfaat sehat untuk pasien diabetes. Mentimun mengandung bahan alami yang disebut dengan saponin. Bahan ini akan membuka jaringan serta membuat insulin atau glikogen masuk ke sel untuk mengurangi kadar gula dalam darah dan membantu melarutkan lemak dalam jaringan.

Share This Article
Komentar Anda