Berikut Makanan Yang Terbaik (Healthy Food) Menjaga Kesehatan Wanita


Berikut Makanan Yang Terbaik (Healthy Food) Menjaga Kesehatan Wanita  ~ Setiap insan manusia sangat pentingnya menjaga pola makan sehat bagi tubuh. Memiliki kesehatan tubuh yang fit dan prima adalah keinginan semua individu di manapun berada. Kesehatan tubuh yang fit dan prima tersebut tentu tak bisa diperoleh secara instan, melainkan banyak faktor penting yang harus diperhatikan untuk menciptakannya. Salah satu contohnya yaitu pola makan yang diterapkan.

Untuk menciptakan tubuh yang sehat, Kita perlu menerapkan pola makan sehat yang baik dan benar agar kondisi kesehatan senantiasa terjaga dan seluruh asupan gizi yang dibutuhkan selalu terpenuhi dengan optimal.

Setiap orang membutuhkan makanan kaya nutrisi untuk menjaga kesehatan tubuhnya. Tak terkecuali untuk para wanita. Makanan sumber vitamin dan mineral sangat penting untuk melindungi tubuh wanita dari berbagai penyakit seperti pengeroposan tulang (osteoporosis), masalah kehamilan, kanker payudara, dan masalah kesehatan wanita lainnya. Lantas, makanan apa saja yang ampuh menjaga kesehatan wanita sepanjang usianya? Simak daftar berikut ini.

Berikut Makanan Yang Terbaik (Healthy Food) Menjaga Kesehatan Wanita
Ilustrasi: Berikut Makanan Yang Terbaik (Healthy Food) Menjaga Kesehatan Wanita 
Dalam menerapkan pola makan yang baik dan sehat, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu: 
  1. Jadwal makan pagi, siang dan malam yang Anda terapkan.
  2. Porsi makan dan komposisi makanan yang Anda konsumsi setiap harinya.
  3. Jenis makanan dan nutrisi yang terkandung dalam setiap makanan yang Anda konsumsi secara berkala.
  4. Jumlah kalori dari semua makanan yang Anda konsumsi setiap harinya.
  5. Kualitas makanan, asupan gizi dan pengaruh makanan pada kesehatan dan kondisi tubuh Anda.
Untuk menerapkan pola makan yang sehat, Anda harus mempersiapkan bahan-bahan makanan berkualitas yang tepat sesuai komposisi dan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh Anda. Selain itu, Anda juga harus memastikan bahwa komposisi makanan yang dikonsumsi telah mencakup kategori makanan 4 sehat 5 sempurna. Biasakanlah untuk memperbanyak konsumsi buah dan sayuran segar yang bermanfaat sebagai pengganti camilan atau snack yang biasa Anda konsumsi di sela-sela waktu makan. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir berbagai jenis makanan yang masuk ke dalam tubuh dan kurang baik bagi kesehatan.

Menjaga pola makan sehat sangatlah penting bagi Kita semua. Dengan menjaga dan mengatur pola makan dengan baik dan benar, maka seluruh kebutuhan nutrisi tubuh akan terlengkapi dengan maksimal. Selain itu, kondisi kesehatan tubuh yang sehat dan bugar akan semakin prima. Berbagai aktivitas yang dijalani akan dilalui dengan penuh semangat karena kebutuhan energi selalu terpenuhi dengan optimal. Bahkan resiko penyakit bisa dihindari karena gizi dan nutrisi yang diperoleh dalam tubuh meningkatkan sistem imun yang baik untuk melawan berbagai macam gangguan kesehatan.

Pilihan makanan paling sehat untuk menjaga kesehatan wanita:

1. Edamame

Salah satu makanan super yang dapat membantu menjaga kesehatan wanita adalah edamame. Edamame mengandung banyak serat dan lemak baik yang dapat menjaga fungsi organ tubuh wanita tetap bekerja secara maksimal, meskipun usia terus bertambah.

Tidak hanya itu, edamame juga mengandung isoflavon, yaitu senyawa mirip estrogen yang bisa menjadi sahabat baik Anda saat menopause. Pasalnya, ini sangat membantu mengatasi hot flashes atau sensasi panas dalam tubuh saat menopause.

2. Brokoli


Brokoli termasuk salah satu sayuran hijau yang sangat bermanfaat untuk kesehatan wanita. Brokoli mengandung sulforaphane, zat kimia yang dapat membantu menurunkan kelebihan estrogen dalam tubuh sehingga mencegah risiko kanker.

Selain itu, sayuran yang berbentuk seperti pohon ini juga mengandung vitamin dan mineral penting yang dibutuhkan untuk meningkatkan kekebalan tubuh seperti vitamin C, vitamin A, serat, folat, kalsium, zat besi, dan kalium. Maka itu, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi setidaknya 500 gram brokoli dalam seminggu.

3. Sarden


Bagi wanita yang sedang aktif menyusui, cobalah untuk perbanyak makan sarden. Pasalnya, sarden mengandung asam lemak sehat, vitamin D, serta kalsium yang dapat meningkatkan kualitas ASI.

Selain itu, ikan sarden juga mengandung asam lemak omega-3 yang secara khusus terdiri dari DHA dan EPA. Ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan fungsi otak pada bayi dalam kandungan.

Manfaat sarden tak cuma sampai di situ, lho. Untuk wanita yang tidak sedang hamil dan menyusui, ikan sarden juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan otak.

4. Beri-berian


Buah beri-berian memiliki warna yang hidup sehingga memiliki daya tarik bagi para wanita. Misalnya saja blueberry, raspberry, dan blackberry. Tidak hanya cantik dari segi warnanya saja, beri-berian nyatanya memberikan manfaat yang tak kalah menarik untuk kesehatan wanita.

Buah beri-berian mengandung flavonoid dan antioksidan, yang berfungsi untuk melindungi sel-sel sehat dari kerusakan. Bagi Anda yang sudah memasuki usia lanjut, buah beri sangat cocok dikonsumsi untuk membantu menjaga ketajaman otak agar tak mudah pikun.

5. Kacang-kacangan


Bagi wanita yang memiliki masalah hipertensi atau diabetes, ada baiknya Anda mengonsumsi kacang-kacangan. Kacang-kacangan yang kaya serat dan rendah lemak bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dan gula darah Anda.

Pilihlah kacang merah, kacang kenari, atau kacang almond yang aman untuk menjaga kolesterol tubuh Anda tetap stabil. Dengan mengonsumsi 12 buah kacang kenari setiap harinya, Anda akan terhindar dari risiko penyakit jantung.

6. Pepaya


Buah pepaya yang terasa manis nyatanya juga memberikan manfaat manis bagi kesehatan wanita. Warna jingga kemerahan pada buah pepaya berasal dari kandungan beta-karoten dan likopen. Dua hal tersebut sangat bermanfaat untuk menurunkan risiko kanker leher rahim dan payudara, dua penyakit paling mematikan bagi para wanita.

Dengan makan buah pepaya secara rutin, Anda juga akan terhindar dari risiko penyakit jantung. Sebab, pepaya mengandung antioksidan yang dapat membantu menjaga kolesterol dan tekanan darah dari lonjakan drastis sebagai akibat penuaan.

7. Yogurt


Bagi Anda yang berusia 50 tahun ke atas, Anda membutuhkan asupan kalsium tambahan agar terhindar dari osteoporosis. Seperti yang Anda ketahui, sumber kalsium terbaik terletak pada susu. Namun, bagaimana bila Anda tidak suka minum susu?

Jangan cemas dulu. Anda bisa menggantinya dengan makan yogurt, sumber kalsium yang tak kalah penting dari susu. Pasalnya, setiap 230 gram yogurt dapat memenuhi sepertiga kebutuhan kalsium Anda setiap harinya. Maka itu, pilihlah yogurt yang diperkaya dengan vitamin D untuk membantu tubuh Anda menyerap mineral dengan lebih baik.

8. Alpukat


Alpukat adalah salah satu buah yang mengandung asam lemak tak jenuh tunggal (MUFA) terbaik untuk menjaga kesehatan wanita. Bahkan, sebuah penelitian menunjukkan bahwa diet alpukat dapat membantu menghilangkan lemak perut dan melindungi mata serta kulit Anda.

Menariknya, kebiasaan makan alpukat secara rutin dapat membantu menurunkan LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan HDL (kolesterol baik). Maka itu, cukup konsumsi seperempat hingga satu setengah buah alpukat setiap hari dan buktikan sendiri manfaatnya.

Baca Juga :
Share This Article
Komentar Anda