Mamfaat Kayu Manis (Cinnamon), Rempah Alami Menurunkan Kadar Gula Darah


Mamfaat Kayu Manis (Cinnamon), Rempah Alami Menurunkan Kadar Gula Darah ~ Dalam ilmu medis, keberadaan gula atau zat glukosa dalam darah disebut gula darah. Kadar gula darah yang normal pada tubuh penting bagi kinerja dan kesehatan tubuh.

Kadar gula darah adalah istilah yang mengacu kepada tingkat glukosa di dalam darah.Konsentrasi gula darah diatur dengan ketat di dalam tubuh. Glukosa yang dialirkanmelalui darah adalah sumber utama energi untuk sel-sel tubuh. Karbohidrat terpentingyang digunakan sebagai sumber tenaga utama dalam tubuh. Di dalam darah kita didapati zat gula. Gula ini gunanya untuk dibakar agar mendapatkan kalori atau energi.

Sebagian gula yang ada dalam darah adalah hasil penyerapan dari usus dan sebagian lagi dari hasil pemecahan simpanan energi dalam jaringan. Gula yang ada di usus bisa berasal dari gula yang kita makan atau bisa jugahasil pemecahan zat tepung yang kita makan dari nasi, ubi, jagung, kentang, roti, danlain-lain.

Mamfaat Kayu Manis (Cinnamon), Rempah Alami Menurunkan Kadar Gula Darah
Mamfaat Kayu Manis (Cinnamon), Rempah Alami Menurunkan Kadar Gula Darah
Gula darah adalah bahan bakar tubuh yang dibutuhkan untuk kerja otak, sistem saraf, dan jaringan tubuh yang lain. Gula darah yang terdapat di dalam tubuh dihasilkan oleh makanan yang mengandung karbohidrat, protein, dan lemak. Rata-rata, kadar gula darah normal adalah sebagai berikut:
  1. Gula darah 8 jam sebelum makan atau setelah bangun pagi (70 – 110 mg/dl).
  2. Gula darah 2 jam setelah makan (100 – 150 mg/dl).
  3. Gula darah acak (70 – 125 mg/dl).

Mamfaat Kayu Manis (Cinnamon), Rempah Alami Menurunkan Kadar Gula Darah
Ilustrasi Kadar Gula Darah
Kadar gula tinggi (hiperglikemia) maupun kadar gula rendah (hipoglikemia) tidak bagus untuk kesehatan. Kadar gula darah harus berada dalam posisi normal agar kinerja organ-organ tubuh tetap sehat dan normal.

Kadar gula darah rendah tergolong relatif lebih mudah diobati dari pada kadar gula darah tinggi. Mengapa begitu? Karena jika Anda mengalami level kadar gula darah rendah itu artinya Anda kekurangan asupan gizi, lemak, protein, dan kurang istirahat.

Level gula darah atau glukosa diatur oleh kinerja pankreas. Jika kadar gula darah atau glukosa Anda rendah, otomatis pankreas akan mengeluarkan glukagon, yang menargetkan sel-sel di hati untuk kemudian diubah menjadi glukosa dan setelah itu dilepaskan ke aliran darah hingga mencapai level tertentu.

Jika seseorang tetap mengalami kadar gula darah dalam level yang rendah, kemungkinan besar Anda mengalami penurunan kerja pankreas atau kurangnya asupan gizi serta kurangnya istirahat. Beberapa tips untuk meningkatkan kadar gula darah:
  1. Tidak mengonsumsi Alkohol.
  2. Hindari konsumsi kafein dan merokok.
  3. Hindari olahraga terlalu berat.
  4. Mengonsumsi makanan yang mengandung serat, seperti sayur-sayuran dan buah-buahan.
  5. Makanlah secara teratur dan tidak menunda.
  6. Minumlah segelas susu setiap hari.

Kayu manis (Cinnamomum verum, sin. C. zeylanicum) ialah sejenis pohon penghasil rempah-rempah. Termasuk ke dalam jenis rempah-rempah yang amat beraroma, manis, dan pedas. Orang biasa menggunakan rempah-rempah dalam makanan yang dibakar manis, anggur panas.

Kayu manis adalah salah satu bumbu makanan tertua yang digunakan manusia. Bumbu ini digunakan di Mesir Kuno sekitar 5000 tahun yang lalu, dan disebutkan beberapa kali di dalam kitab-kitab Perjanjian Lama.

Kayu manis juga secara tradisional dijadikan sebagai suplemen untuk berbagai penyakit, dengan dicampur madu, misalnya untuk pengobatan penyakit radang sendi, kulit, jantung, dan perut kembung.

Beberapa spesies kayu manis yang dijual di pasaran di antaranya:
  1. Cinnamomum verum'(True cinnamon, Sri Lanka cinnamon atau Ceylon cinnamon).
  2. C. burmannii (korintje, kasiavera, atau Indonesian cinnamon).
  3. C. loureiroi (Saigon cinnamon atau Vietnamese cinnamon).
  4. C. aromaticum (Cassia atau Chinese cinnamon).

Kulit manis Ceylon sering kali hanya menggunakan kulit bagian dalam yang lebih tipis, lebih memiliki kesegaran, kurang padat, lebih beraroma, dan lebih lembut dalam rasa daripada kasiavera. Kasiavera memiliki rasa yang lebih kuat (sering lebih pedas) daripada kulit manis Sri Lanka dan umumnya berwarna merah kecoklatan sedang hingga ringan, keras dan bertekstur kayu, serta lebih tebal (2–3 mm (0,079–0,12 inci) dan menggunakan seluruh lapisan kulitnya.


Tingginya kadar gula dalam darah sering kali membuat kita merasa khawatir dan cemas. Apalagi, ketika kita memiliki orang tua atau keturunan dengan riwayat diabetes.

Untuk bisa menstabilkan gula darah dalam tubuh dan mencegah risiko diabetes, seorang ahli gizi bernama Dr Josh Axe mengungkapkan bahwa kita perlu mengonsumsi rempah kayu manis.

Dilansir dari laman Dailystar.com, kandungan nutrisi yang ada pada kayu manis dipercaya bisa meningkatkan sensitivitas insulin. Kandungan inilah yang kemudian mengeblok enzim bernama alanines di mana biasanya enzim ini digunakan darah untuk menyerap gula.

Ketika enzim alanines diblok, ini membuat glukosa yang masuk ke aliran darah jadi lebih sedikit meski sebelumnya kita mengonsumsi makanan dengan kadar gula tinggi. Dr Josh juga mengungkapkan bahwa selain kayu manis, rempah lain yang bisa menangkal risiko naiknya gula darah atau risiko diabetes adalah kunyit.

"Kayu manis terkenal memiliki efek anti diabetes. Rempah ini bermanfaat menyeimbangkan kadar gula dalam darah," ungkap Dr Josh.

Mengingat akan manfaat penting dari kayu manis, sudah saatnya kita rutin mengonsumsi kayu manis. Pastikan untuk mengonsumsinya dalam porsi yang tepat alias tidak berlebihan. Semoga informasi ini bermanfaat.

Baca Juga :
Share This Article
Komentar Anda