Penting Banget Dicek, Berikut Tanda Gejala Haidmu (Menstruation) Bermasalah


Menstruasi, haid atau datang bulan adalah perubahan fisiologis dalam tubuh wanita yang terjadi secara berkala dan dipengaruhi oleh hormon reproduksi baik FSH-Estrogen atau LH-Progesteron. Periode ini penting dalam hal reproduksi. Pada manusia, hal ini biasanya terjadi setiap bulan antara usia remaja sampai menopause. Selain manusia, periode ini hanya terjadi pada primata-primata besar, sementara binatang-binatang menyusui lainnya mengalami siklus estrus.

Pada wanita siklus menstruasi rata-rata terjadi sekitar 28 hari, walaupun hal ini berlaku umum, tetapi tidak semua wanita memiliki siklus menstruasi yang sama, kadang-kadang siklus terjadi setiap 21 hari hingga 30 hari. Biasanya, menstruasi rata-rata terjadi 5 hari, kadang-kadang menstruasi juga dapat terjadi sekitar 2 hari sampai 7 hari paling lama 15 hari. Jika darah keluar lebih dari 15 hari maka itu termasuk darah penyakit.

Penting Banget Dicek, Berikut Tanda Gejala Haidmu (Menstruation) Bermasalah
Ilustrasi Tanda Gejala Haidmu (Menstruation) Bermasalah
Umumnya darah yang hilang akibat menstruasi adalah 10mL hingga 80mL per hari tetapi biasanya dengan rata-rata 35mL per harinya.Semua wanita normal yang telah mencapai usia dewasa pasti pernah atau bahkan rutin mengalami haidh setiap bulannya. Haidh atau menstruasi terjadi karena tidak terbuahinya sel telur pada rahim wanita, sehingga dinding rahim luruh bersamaan dengan keluarnya darah dari peranakan.

Meski termasuk suatu kondisi yang normal, dalam kepercayaan orang tua Jawa zaman dulu, haidh atau menstruasi pada wanita nyatanya dianggap bisa membawa suatu firasat atau pertanda tertentu. Firasat atau pertanda yang dibawa tersebut bergantung dari kapan waktu terjadinya haidh, baik berdasarkan jam, tanggal, hari, pasaran, hingga bulannya.

Nah, bagi kamu para wanita yang ingin mengetahui apa firasat haidh yang sedang kamu alami, simak pemaparan yang telah kami buat berikut tentang primbon datang bulan atau haid beserta ramalan-ramalannya.


Primbon Haid

Selama hidupnya, seorang wanita akan mengalami haid selama 35 sampai 40 tahun. Haid pertama kali terjadi di sekitar usia 10 sd 15 tahun dan akan berhenti saat mereka memasuki usia monopause yakni di sekitar usia 45 tahun sd 50 tahun.

Haidh berlangsung dalam siklus yang berulang setiap bulannya, dan ia biasanya terjadi selama 5 hari dalam 1 bulan. Dengan kata lain, jika ditotal, maka masa menstruasi yang dialami oleh wanita kurang lebih sekitar 6,5 tahun dalam seumur hidupnya. Total masa haid tersebut tentu sangat lama sekali, akan tetapi proses ini merupakan proses penting yang menunjang kesehatan reproduksi seorang wanita.

Gejala PMS dan haid setiap wanita bisa berbeda satu sama lain. Karena memang pola makan dan pola hidup setiap wanita tidak sama. Hanya saja ada sejumlah gejala haid yang perlu kita waspadai.

Seperti yang dilansir oleh boldsky.com, haid yang kita alami bisa memperlihatkan kondisi kesehatan tubuh kita. Kondisi haid bisa jadi indikator kesehatan ginekologi. Kalau haid kita menunjukkan tanda yang tak biasa, ini bisa jadi gejala ada yang bermasalah di dalam tubuh kita. Berikut ini lima tanda yang perlu diwaspadai karena bisa jadi indikasi ada tubuh kita mengalami masalah atau gangguan kesehatan.

1. Sering Mengeluarkan Banyak Gumpalan Darah

Kalau jumlah gumpalan darah yang keluar saat haid sedikit, itu nggak jadi masalah. Tapi kalau gumpalan darah yang keluar banyak dan sering, ini bisa jadi tanda adanya fibroid uterus di dalam rahim.

Perhatikan lagi kondisi yang kamu alami setiap bulan./Copyright shutterstock.com

2. Volume Darah yang Keluar Sangat Banyak

Kalau volume darah yang keluar saat haid sangat banyak, ini bisa jadi ada polip di dalam rahim. Apalagi kalau disertai sesak napas dan pusing, penting untuk segera berkonsultasi ke dokter, ya.

3. Haid Berlangsung Lebih dari 7 Hari

Durasi haid yang berlangsung lebih dari tujuh hari bisa disebabkan oleh banyak hal. Tapi bisa juga ini jadi indikasi kamu mengalami PCOS (polycystic ovary syndrome) atau sindrom ovarium polikistik merupakan kondisi terganggunya fungsi ovarium pada wanita yang berada di usia subur dan polip rahim.

Cek gejala haid yang sering kamu alami./Copyright shutterstock.com
4. Siklus Berlangsung Kurang dari 20 Hari

Coba cek lagi siklus haidmu. Kalau siklusnya kurang dari 20 hari, waspada gejala disfungsi ovulasi atau gangguan tiroid. Bisa juga pertanda adanya PCOS atau polip rahim.

5. Sering Telat Haid

Kalau sedang stres atau melakukan olahraga intens, biasanya siklus haid akan telat. Tapi gangguan tiroid juga bisa menyebabkan telat haid. Kalau kamu sering telat haid, sebaiknya segera cek ke dokter karena bisa jadi ada ketidakseimbangan hormon di dalam tubuhmu.

Untuk lebih amannya, bila kamu mengalami tanda-tanda di atas saat haid, segera periksakan diri ke dokter, ya ladies. Semakin cepat ditangani, semakin besar peluang kamu terhindar dari gangguan kesehatan yang lebih serius.

Baca Juga :
Share This Article
Komentar Anda